Laman

Senin, 30 September 2013

Penulisan 1 - Pengantar Telematika #


    Nama : Ria Setia
    NPM :15110853
    Kelas : 4KA24
    Mata Kuliah : Pengantar Telematika # - Penulisan 1
    Dosen : Rifki Amalia, SKom., MMSI


    1. Jelaskan Definisi Telematika beserta Pemanfaatannya! 

    A.    Definisi Telematika
        Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L’informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata: telekomunikasi dan informatika.
        Telekomunikasi sendiri mempunyai pengertian sebagai teknik pengiriman pesan, dari suatu tempat ke tempat lain, dan biasanya berlangsung secara dua arah. ‘Telekomunikasi’ mencakup semua bentuk komunikasi jarak jauh, termasuk radio, telegraf/ telex, televisi, telepon, fax, dan komunikasi data melalui jaringan komputer. Sedangkan pengertian Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
        Jadi pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika.
       Menurut Wikipedia, istilah telematika ini sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
    • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
    • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
    • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics)

    B. Pemanfaatan Telematika
        Pemanfaatan telematika terdiri dari beragam bentuk, bentuk yang akan disajikan merupakan aplikasi yang sudah berkembang di berbagai sektor, maka tidak menutup kemungkinan terjadi tumpang tindih. Semua kegiatan dengan istilah work and play dapat menggunakan telematika sebagai penunjang kinerja usaha semua usaha dalam semua sektor, sosial, ekonomi dan budaya.

    Bentuk-bentuk telematika diantaranya adalah :
    • e-Government : Dibuat dengan maksud untuk menerapkan pendayagunaan teknologi telematika dan mengubah administrasi pemerintahan  secara manual menjadi elektronik
    • e-Government : Dibuat dengan maksud untuk menerapkan pendayagunaan teknologi telematika dan mengubah administrasi pemerintahan  secara manual menjadi elektronik
    • e-Learning : Dibuat dengan maksud untuk menerapkan pendidikan terbuka secara jarak jauh dan lebih berkembang dengan berbasis media internet berbasis web dan situs
    • e-Commerce : Dibuat dengan maksud menerapkan semua proses transaksi perdagangan baik itu jual/beli, transfer uang, mengirim dokumen, memasang iklan dilakukan secara online.
    • e-Health : Dibuat dengan maksud untuk menerapkan pelayanan kesehatan masyarakat secara online dengan sistem pelayanan kesehatan yang baik baik akses layanan, mudah dan murah.
    • e-Research : Dibuat dengan maksud untuk menerapkan kegiatan riset yang menggunakan serangkaian fasilitas teknologi informasi dan komunikasi sehingga nantinya akan melahirkan cara kerja dan metode riset baru.
    • e-Assessment : Dibuat dengan maksud untuk menerapkan proses penilaian elektronik dimana teknologi informasi dan komunikasi dipakai untuk mepresentasikan aktivitas penilaian dan untuk menyimpan jawaban atau tanggapan, biasanya e-assessment digunakan di kalangan dunia kerja dan akademisi.
    • Selain berbasis web telematika dapat berwujud seperti GPS, Google Earth, Jaringan 3G & 4G, Kompas digital, Sistem Navigasi digital



    2.     Jelaskan Perkembangan Telematika dalam Teknologi Informasi!
    Perkembangan Telematika sekarang juga makin terus berkembang. Tekhnologi semakin canggih dan penggunanya juga semakin ahli dalam memanfaatkan perkembangan yang terjadi. Untuk kasus di Indonesia, perkembangan telematika mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat, yaitu :
    1.      Periode Rintisan (akhir tahun 1970-an s.d akhir tahun 1980-an)
    Mulai tahun 1970-an inilah Toffler menyebutnya sebagai zaman informasi. Namun demikian, dengan perhatian yang minim dan pasokan listrik yang terbatas, Indonesia tidak cukup mengindahkan perkembangan telematika. Memasuki tahun 1980-an, perubahan secara signifikanpun jauh dari harapan. Walaupun demikian, selama satu dasawarsa, learn to use teknologi informasi, telekomunikasi, dan multimedia mulai dilakukan, walaupun penggunanya masih terbatas. Kemampuan ini dilatarbelakangi oleh kepemilikan satelit dan perekonomian yang meningkat dengan diberikannya penghargaan tentang swasembada pangan dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) kepada Indonesia pada tahun 1984.
    Penggunaan teknologi telematika oleh masyarakat Indonesia masih terbatas. Sarana kirim pesan seperti yang sekarang dikenal sebagi email dalam suatu group, dirintis pada tahun 1980-an.
    2.      Periode Pengenalan (Tahun 1990-an)
    Periode satu dasawarsa ini, tahun 1990-an, teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. Pada sisi lain, milis yang mulai digagas sejak tahun 1980-an, terus berkembang. Teknologi telematika, seperti computer, internet, pager, handphone, teleconference, siaran radio dan televise internasional – tv kabel Indonesia, mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Periode pengenalan telematika ini mengalami lonjakan pasca kerusuhan Mei 1998. Pemerintah yang masih sibuk dengan gejolak politik yang kemudian diteruskan dengan upaya demokrasi pada Pemilu 1999, tidak menghasilkansuatu keputusan terkait perkembangan telematika di Indonesia. Dunia pendidikan juga masih sibuk tambal sulam kurikulum sebagai dampak perkembangan politik terbaru, bahkan proses pembelajaran masih menggunakan cara-cara konvensional. Walaupun demikian, pada tanggal 15 Juli 1999, arsip pertama milis Telematika dikirim oleh Paulus Bambang Wirawan, yakni sebuah permulaan mailinglist internet terbesar di Indonesia.
    3.      Periode Aplikasi (Tahun 2000-an)
    Awal era millennium inilah, pemerintah Indonesia serius menaggapi perkembangan telematika dalam bentuk keputusan politik. Kebijakan pengembangan yang sifatnya formal “top-down” direalisasikan dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden No. 50 Tahun 2000 tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI), dan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan Telematika.  Selanjutnya, teknologi mobile phone begitu cepat pertumbuhannya. Bukan hanya dimiliki oleh hamper seluruh lapisan masyarakat Indonesia, fungsi yang ditawarkan terbilang canggih. Teknologi computer demikian, kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte), multi processor, multislot memory, dan jaringan internet berfasilitas wireless access point. Bahkan, pada café dan kampus tertentu, internet dapat diakses dengan mudah, dan gratis



    3.     Jelaskan Trend Kedepan Perkembangan Telematika!
    Seiring berkembangnya kemajuan teknologi yang semakin pesat, mengharuskan masyarakat untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi yang telah ada. Mengenai trend ke depan Telematika, itu merupakan kebebasan individu untuk mengembangkan dan menjadikannya sebagai suatu trend (walau sesaat) di dalam masyrakat. Yang pasti dalam proses perkembangannya harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Sehingga tidak merugikan pihak lain dan tidak menguntungkan diri sendiri (egois). Sehingga trend ke depan telematika dapat menjadi suatu trend yang dapat diterima dan dinikmati oleh seluruh masyarakat, baik dari kalangan atas maupun dari kalangan bawah.
    Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga tidak akan kalah dengan perkembangan TIK saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop UBuntu, GoogleApps, YahooApps Live semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunannya. Pada akhirnya, era robotik akan segera muncul. Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industri kecil dan menengah, termasuk di tanah air. Jadi, dengan adanya teknologi manusia akan terus berkembang sehingga akan ada harapan-harapan tentang masa depan yang lebih baik.
    Ada lima kelompok industry yang berperan besar dalam perkembangan trend telematika ke depan, diantaranya:
    1. Infrastruktur Telekomunikasi (biasanya resiko bisnis paling besar)
    2. Infrastruktur Internet (biasanya resiko bisnis sedang & rendah)
    3. Hosting service (biasanya resiko bisnis rendah)
    4. Transaction type service (biasanya resiko bisnis rendah)
    5. Content / knowledge producer (biasanya resiko bisnis rendah)

     



    Sabtu, 28 September 2013

    Tugas Kelompok Analisis Kinerja Sistem



    TUGAS
    Analisis Kinerja Sistem
    Dosen : Dr. Lintang Yuniar Banowosari, SKom., MSc.
    Kelas : 4KA24
    “ Sistem Informasi Pemasaran Keripik Maicih “





    Anggota Kelompok 
    Annisa Nur Alina       10110921
    Dody Adhiatma         12110123
    Indah Pratiwi             13110499
    Ria Setia                     15110853
    Ryanti Ramadani       16110311



    I.                   Definisi Pemasaran 

        Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
    a.         Menurut Philip Kotler, pemasaran (Marketing)  adalah : kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
    b.       Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah : sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
    c.          Menurut W Stanton pemasaran adalah : sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

    II.                Tujuan Pemasaran

    1.        Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
    2.        Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
    3.        Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

    III.             Sistem Informasi Pemasaran

    a.       Titik berhasilnya keripik maicih dimana dilakukan dengan strategi pemasaran yang out of the box. Reza Nurhilman atau biasa lebih akrab dipanggli Axl ini memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini yaitu dengan media twitter dan Facebook. Axl sengaja membuat produknya eksklusif agar orang penasaran. Dia tidak membuka toko seperti layaknya kebanyakan penjual, namun dijual dengan memanfaatkan media twitter sebagai informasi lokasi dimana agen atau yang lebih sering disebut ‘Jendral’ maicih mangkal menjajakan dagangannya.

    b.       Calon pelanggan hanya bisa mengetahui dimana Maicih ‘gentayangan’ tiap harinya melalui situs microblogging Twitter. Tiap hari @InfoMaicih akan memberi kabar dimana produk Maicih bisa didapatkan. Tim pemasaran Maicih yang disebut sebagai ‘Jenderal’, akan menjual produk Maicih di lokasi-lokasi tertentu. Mulai dari kampus, kantor atau tempat keramaian lainnya. Cara pemasaran yang cukup unik ini terbukti mengangkat nama Maicih di dunia maya, khusunya Twitter. Banyak yang penasaran seperti apa produk Maicih dikarenakan membaca ‘kicauan’ pengguna Twitter. Biasanya mereka yang sudah merasakan kripik setan Maicih pastinya bakal ‘tericih-icih’ alias kepedasan.


    IV.              Analisa Data

    Kategori
    Sub Kategori
    Uraian Sub Kategori
    Pemilik
    Profil
    Pemilik usaha keripik pedas ‘Maicih’ bernama Reza Nurhilman atau yang biasa dikenal dengan Axl. Pengusaha muda yang lahir di Bandung, 29 September 1987 adalah lulusan dari Universitas Kristen Maranatha, jurusan Manajemen, 2009.

    Awal Usaha
    Dimulai pada pertengahan 2010 dengan modal 15 juta. Produksi 50 bungkus/hari, varian awal yang keluar keripik dan gurilem, memproduksi level 1 sampai level 5, dan dipasarkan dengan cara keliling.
    Produk
    Pemberian Merek
    Nama Maicih terinspirasi dari dompet kecil berisi receh yang kerap kali disebut “icih” oleh ibu Axl.

    Varian Produk
    Keripik Maicih, Basreng Maicih, Gurilem Maicih, Seblak Original Maicih, Seblak Keju Maicih

    Level Kepedasan
    Untuk level kepedasan Keripik Maicih 3,5,10

    Harga
    Untuk keripik level 3-5, gurilam dan jeblak Rp11.000, untuk keripik level 10 Rp15.000. Di luar Bandung, keripik level 3-5, gurilam dan jeblak Rp15.000. Sedang level 10 dengan harga Rp18.000
    Promosi
    Menggunakan Media Sosial
    Produk Maicih dipasarkan di media sosial seperti Twitter  dan Facebook. Dimana waktu dan tempat akan diberitahu melalui media sosial.

    Sistem Nomaden
    Maicih dijual dengan cara nomaden atau berpindah tempat. Maicih tidak membuka toko khusus atau Axl menyebut dengan istilah “gentayangan” dan teknik mulut ke mulut.

    Menggunakan Agen
    Jendral sebutan untuk para distributor resmi yang menjual produk maicih. Tidak sembarang orang bisa menjadi Jendral karena terdapat tahapan interview dan training yang dilakukan agar mendapatkan SDM yang terbaik.
    Tempat
    Kawasan Pemasaran
    Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, Bekasi, Solo, Depok, Bandar Lampung, Tegal, dll