Laman

Sabtu, 28 September 2013

Tugas Kelompok Analisis Kinerja Sistem



TUGAS
Analisis Kinerja Sistem
Dosen : Dr. Lintang Yuniar Banowosari, SKom., MSc.
Kelas : 4KA24
“ Sistem Informasi Pemasaran Keripik Maicih “





Anggota Kelompok 
Annisa Nur Alina       10110921
Dody Adhiatma         12110123
Indah Pratiwi             13110499
Ria Setia                     15110853
Ryanti Ramadani       16110311



I.                   Definisi Pemasaran 

    Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a.         Menurut Philip Kotler, pemasaran (Marketing)  adalah : kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b.       Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah : sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c.          Menurut W Stanton pemasaran adalah : sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

II.                Tujuan Pemasaran

1.        Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2.        Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
3.        Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

III.             Sistem Informasi Pemasaran

a.       Titik berhasilnya keripik maicih dimana dilakukan dengan strategi pemasaran yang out of the box. Reza Nurhilman atau biasa lebih akrab dipanggli Axl ini memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini yaitu dengan media twitter dan Facebook. Axl sengaja membuat produknya eksklusif agar orang penasaran. Dia tidak membuka toko seperti layaknya kebanyakan penjual, namun dijual dengan memanfaatkan media twitter sebagai informasi lokasi dimana agen atau yang lebih sering disebut ‘Jendral’ maicih mangkal menjajakan dagangannya.

b.       Calon pelanggan hanya bisa mengetahui dimana Maicih ‘gentayangan’ tiap harinya melalui situs microblogging Twitter. Tiap hari @InfoMaicih akan memberi kabar dimana produk Maicih bisa didapatkan. Tim pemasaran Maicih yang disebut sebagai ‘Jenderal’, akan menjual produk Maicih di lokasi-lokasi tertentu. Mulai dari kampus, kantor atau tempat keramaian lainnya. Cara pemasaran yang cukup unik ini terbukti mengangkat nama Maicih di dunia maya, khusunya Twitter. Banyak yang penasaran seperti apa produk Maicih dikarenakan membaca ‘kicauan’ pengguna Twitter. Biasanya mereka yang sudah merasakan kripik setan Maicih pastinya bakal ‘tericih-icih’ alias kepedasan.


IV.              Analisa Data

Kategori
Sub Kategori
Uraian Sub Kategori
Pemilik
Profil
Pemilik usaha keripik pedas ‘Maicih’ bernama Reza Nurhilman atau yang biasa dikenal dengan Axl. Pengusaha muda yang lahir di Bandung, 29 September 1987 adalah lulusan dari Universitas Kristen Maranatha, jurusan Manajemen, 2009.

Awal Usaha
Dimulai pada pertengahan 2010 dengan modal 15 juta. Produksi 50 bungkus/hari, varian awal yang keluar keripik dan gurilem, memproduksi level 1 sampai level 5, dan dipasarkan dengan cara keliling.
Produk
Pemberian Merek
Nama Maicih terinspirasi dari dompet kecil berisi receh yang kerap kali disebut “icih” oleh ibu Axl.

Varian Produk
Keripik Maicih, Basreng Maicih, Gurilem Maicih, Seblak Original Maicih, Seblak Keju Maicih

Level Kepedasan
Untuk level kepedasan Keripik Maicih 3,5,10

Harga
Untuk keripik level 3-5, gurilam dan jeblak Rp11.000, untuk keripik level 10 Rp15.000. Di luar Bandung, keripik level 3-5, gurilam dan jeblak Rp15.000. Sedang level 10 dengan harga Rp18.000
Promosi
Menggunakan Media Sosial
Produk Maicih dipasarkan di media sosial seperti Twitter  dan Facebook. Dimana waktu dan tempat akan diberitahu melalui media sosial.

Sistem Nomaden
Maicih dijual dengan cara nomaden atau berpindah tempat. Maicih tidak membuka toko khusus atau Axl menyebut dengan istilah “gentayangan” dan teknik mulut ke mulut.

Menggunakan Agen
Jendral sebutan untuk para distributor resmi yang menjual produk maicih. Tidak sembarang orang bisa menjadi Jendral karena terdapat tahapan interview dan training yang dilakukan agar mendapatkan SDM yang terbaik.
Tempat
Kawasan Pemasaran
Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, Bekasi, Solo, Depok, Bandar Lampung, Tegal, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar