TUGAS
Analisis Kinerja Sistem
Dosen : Dr. Lintang Yuniar Banowosari, SKom., MSc.
Kelas : 4KA24
“ Sistem Informasi Pemasaran Keripik
Maicih “
Anggota Kelompok
Annisa
Nur Alina 10110921
Dody Adhiatma 12110123
Indah Pratiwi 13110499
Ria Setia 15110853
Ryanti Ramadani 16110311
Dody Adhiatma 12110123
Indah Pratiwi 13110499
Ria Setia 15110853
Ryanti Ramadani 16110311
I.
Definisi
Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Menurut Philip Kotler, pemasaran
(Marketing) adalah : kegiatan manusia
yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses
pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran
adalah : sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan
kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan
pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Menurut W Stanton pemasaran adalah : sistem
keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
II.
Tujuan
Pemasaran
1.
Konsumen potensial mengetahui secara detail
produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan
mereka atas produk yang dihasilkan.
2.
Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua
kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi
berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk,
promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai
pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
3.
Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa
sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
III.
Sistem
Informasi Pemasaran
a. Titik
berhasilnya keripik maicih dimana dilakukan dengan strategi pemasaran yang out of the box. Reza Nurhilman atau
biasa lebih akrab dipanggli Axl ini memanfaatkan kecanggihan teknologi masa
kini yaitu dengan media twitter dan Facebook. Axl sengaja membuat produknya
eksklusif agar orang penasaran. Dia tidak membuka toko seperti layaknya
kebanyakan penjual, namun dijual dengan memanfaatkan media twitter sebagai
informasi lokasi dimana agen atau yang lebih sering disebut ‘Jendral’ maicih
mangkal menjajakan dagangannya.
b. Calon
pelanggan hanya bisa mengetahui dimana Maicih ‘gentayangan’ tiap harinya
melalui situs microblogging Twitter.
Tiap hari @InfoMaicih akan memberi
kabar dimana produk Maicih bisa didapatkan. Tim pemasaran Maicih yang disebut
sebagai ‘Jenderal’, akan menjual produk Maicih di lokasi-lokasi tertentu. Mulai
dari kampus, kantor atau tempat keramaian lainnya. Cara pemasaran yang cukup
unik ini terbukti mengangkat nama Maicih di dunia maya, khusunya Twitter.
Banyak yang penasaran seperti apa produk Maicih dikarenakan membaca ‘kicauan’
pengguna Twitter. Biasanya mereka yang sudah merasakan kripik setan Maicih
pastinya bakal ‘tericih-icih’ alias kepedasan.
IV.
Analisa Data
Kategori
|
Sub Kategori
|
Uraian Sub Kategori
|
Pemilik
|
Profil
|
Pemilik
usaha keripik pedas ‘Maicih’ bernama Reza Nurhilman atau yang biasa dikenal
dengan Axl. Pengusaha muda yang lahir di Bandung, 29 September 1987 adalah
lulusan dari Universitas Kristen Maranatha, jurusan Manajemen, 2009.
|
Awal Usaha
|
Dimulai pada pertengahan 2010 dengan modal 15 juta. Produksi 50 bungkus/hari, varian awal yang keluar keripik dan gurilem, memproduksi level 1 sampai level 5, dan dipasarkan dengan cara keliling. | |
Produk
|
Pemberian
Merek
|
Nama
Maicih terinspirasi dari dompet kecil berisi receh yang kerap kali disebut
“icih” oleh ibu Axl.
|
Varian
Produk
|
Keripik
Maicih, Basreng Maicih, Gurilem Maicih, Seblak Original Maicih, Seblak Keju
Maicih
|
|
Level
Kepedasan
|
Untuk
level kepedasan Keripik Maicih 3,5,10
|
|
Harga
|
Untuk keripik level 3-5, gurilam dan jeblak Rp11.000, untuk keripik level 10 Rp15.000. Di luar Bandung, keripik level 3-5, gurilam dan jeblak Rp15.000. Sedang level 10 dengan harga Rp18.000 | |
Promosi
|
Menggunakan
Media Sosial
|
Produk
Maicih dipasarkan di media sosial seperti Twitter dan Facebook. Dimana waktu dan tempat akan
diberitahu melalui media sosial.
|
Sistem
Nomaden
|
Maicih
dijual dengan cara nomaden atau berpindah tempat. Maicih tidak membuka toko
khusus atau Axl menyebut dengan istilah “gentayangan” dan teknik mulut ke
mulut.
|
|
Menggunakan
Agen
|
Jendral
sebutan untuk para distributor resmi yang menjual produk maicih. Tidak
sembarang orang bisa menjadi Jendral karena terdapat tahapan interview dan
training yang dilakukan agar mendapatkan SDM yang terbaik.
|
|
Tempat
|
Kawasan Pemasaran
|
Jakarta, Bandung, Jogja,
Surabaya, Bekasi, Solo, Depok, Bandar Lampung, Tegal, dll
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar